01/03/09

Membuat Kategori atau Label

Dengan mengkategorikan atau mengelompokan artikel yang telah di posting pada blog, maka akan lebih mudah bagi pengunjung untuk memilih artikel-artikel yang mana yang ingin dibacanya.

Fasilitas untuk membuat kategori sebenarnya sudah di sediakan di Blogger.com , di blogger.com di kenal dengan istilah Label. Dengan adanya fasilitas ini kita hanya tinggal mengisi kotak label yang di sediakan pada setiap posting artikel.

Untuk membuat sebuah kategori atau label, Anda hanya tinggal mengisi kotak kosong di samping tulisan "Label untuk postingan ini" yang berada di bawah kotak tempat membuat artikel. Isi kotak tersebut dengan kategori yang menurut Anda cocok untuk postingan yang Anda buat. Misalnya : Area Download. Satu postingan bisa mempunyai beberapa kategori. untuk membuatnya tinggal di pisahkan dengan tanda koma, misalnya: Blog tutorial, download, aksesoris blog.

Untuk template baru, kategori atau label bisa di tampilkan di sidebar, dan biasanya element label ini sudah tersedia ketika baru memasang template. Jika element label belum tersedia, Anda bisa membuatnya sendiri, berikut langkah - langkahnya:

Sig in di blogger.com dengan ID Anda

Klik menu Layout

Klik menu Elemen Halaman

Klik tulisan Tambahkan sebuah Elemen Halaman

Klik tombol yang bertuliskan Tambahkan Ke Blog yang berada di bawah tulisan Label

Tulisan Labels di samping tulisan Judul bisa Anda rubah menjadi tulisan Kategori.

Pilih button yang Anda inginkan di samping tulisan Menyortir, Alfabetik atau Berdasarkan Frekuensi

Pada Title Anda isikan judul widget Anda, misalnya: kategori, labels, daftar isi, dll.

Klik tombol yang bertuliskan Simpan Perubahan

Selesai.


Untuk mengisikan Kategory Label Widgetnya Anda harus mengedit kembali arikel-artikel yang sudah Anda posting dan isikan kategori label sesuai dengan artikel Anda, Anda harus masuk ke menu posting kemudian edit post dan isi dikolom yang ada dbawah postingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar