01/03/09

Agar blog terdaftar di mesin pencari

Apabila blog kita ingin banyak pengunjungnya, kita mesti berusaha mempublikasikan blog kita. Banyak cara yang bisa kita lakukan agar blog kita bisa dikenal dan banyak pengunjungnya, salah satunya adalah melalui search engine atau mesin pencari.

Agar blog kita bisa terdaftar pada mesin pencari kita harus terlebih dahulu mendaftarkan blog milik kita pada situs pemilik mesin pencari. Situs mesin pencari ada banyak sekali, tapi yang paling terkenal adalah Google, Yahoo, serta Msn. Bila blog kita ingin terindeks pada mesin pencari tersebut, maka kita harus mendaftarkan URL blog yang kita miliki. Berikut cara mendaftar di situs tersebut.:

Untuk mendaftar ke google, silahkan kunjungi http://www.google.com/addurl/, terus isi form yang di sediakan :
URL : Isi dengan URL blog Anda.
Comments : Isi dengan keyword atau kata kunci yang berhubungan dengan blog Anda
Isi kotak kosong dengan huruf Verifikasi yang tersedia
Klik tombol Add URL
Selesai.


Untuk mendaftar ke yahoo silahkan kunjungi https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit.
Sebelumnya Anda harus mempunyai account yahoo, karena kita mesti log in dulu ke account yahoo. Ketika sudah login, nanti sudah tersedia kolom untuk di isi, silahkan isi kolom tersebut dengan URL Anda, kemudian klik tombol Add URL, selesai. Jika ingin memasukan alamat feed juga bisa. Caranya tambahkan atom.xml di belakang uRL blog Anda, misalnya untuk blog saya ini alamat feednya sebagai berikut :
http://www.blog-nubi.blogspot.com/atom.xml

Untuk daftar ke Msn, silahkan kunjungi http://search.msn.com/docs/submit.aspx?FORM=WSDD2 silahkan isi huruf verifikasi dan URL Anda pada kotak yang tersedia, kemudian klik tombol Submit URL, selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar